Cara Lengkap Membuat Harddisk Internal Menjadi Harddisk Eksternal

Sunday, 5 July 2015

Cara Lengkap Membuat Harddisk Internal Menjadi Harddisk Eksternal


Berikut adalah langkah-langkah menyiapkan HDD internal menjadi HDD Eksternal :

1. Tentukan jenis hard disk yang akan dibuat eksternal : 

Ukuran : apabila menggunakan hard disk komputer desktop, biasanya berukuran 3.5 inch. apabila menggunakan hard disk laptop, biasanya berukuran 2.5 inch atau 1.8 inch. 
Interface : tentukan interface komunikasi data hard disk anda, ada yang memakai Serial ATA (SATA) ataupun Parallel ATA (PATA). 
Hardisk dgn tipe koneksi IDE/PATA bentuk kabel koneksinya banyak dan gepeng, biasanya masih digunakan pada hardisk jaman dulu. 
Kalau hardisk tipe SATA bentuk kabelnya lebih sedikit, biasanya warnanya hitam dan kebanyakan dipakai di HDD tipe baru karena kecepatan transfer tipe SATA ini jauh lebih cepat diatas yg tipe IDE/PATA.


2. Membeli external case sesuai dengan spesifikasi hard disk anda.
Misal spesifikasi : For 2.5 Inch SATA Hard Drive dan sebagainya. 
Biasanya untuk hard disk 1.8 Inch dan 2.5 inch, menggunakan listrik cukup dari USB saja (Powered on USB), sedangkan 3.5 inch menggunakan adaptor sebagai sumber listrik yang harus diplug ke stop kontak. 
Selain itu, beberapa external case memiliki interface akhir berupa USB, USB dan IEEE1394 (Firewire), ataupun USB, IEEE1394 (Firewire), dan RJ45. Tentukan sesuai kebutuhan anda. 

3. Setelah membeli eksternal case yang cocok, buka eksternal case, hubungkan interface koneksi hard disk anda dengan head dari external case dengan hati-hati. Sekrup hard disk anda pada chasis external case, jangan terlalu kencang. Terakhir, sekrup head external case pada body case. 

4. Hard disk external anda sudah siap digunakan. Karena ini hard disk, apabila saat menyala usahakan tidak terkena goncangan dan berada pada bidang datar. 

5. Jika anda tidak melakukan kesalahan pada saat pemasangan, maka seharusnya hardisk anda akan langsung terdeteksi di komputer anda. 

Semoga membantu..


0 comments :

Post a Comment