Penyalahgunaan Fasilitas Layanan Telematika

Wednesday, 7 January 2015

Penyalahgunaan Fasilitas Layanan Telematika


Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L'informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika. Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.


1.  Sebutkan  dan  jelaskan  faktor-faktor  apa  saja  yang  menyebabkan  terjadinya penyalahgunaan fasilitas layanan telematika!

Kurangnya Pengawasan

Setiap penggunaan layanan telematika seperti internet apabila kurang diawasi oleh pemerintah maka membuat penyalahgunaan internet semakin marak.

Pengaruh Komunitas

Ajakan dalam hal ini bisa seperti ajakan dari lingkungan sekitar teman maupun komunitas. Penyalahgunaan fasilitas telematika baru-baru ini seperti situs resmi SONY yang diretas oleh kelompok yang mengatasnamakan GOP dan Lizard Squad.     

Adanya Kesempatan

Penyalahgunaan layanan telematika tidak mungkin terjadi apabila tidak adanya kesempatan.

2.  Jelaskan  menurut  pendapat  masing-masing  bagaimana  caranya  mengurangi penyalahgunaan fasilitas layanan telematika!

Peranan Orang Tua

Dengan adanya fasilitas layanan telematika seperti internet yang mudah diakses melalui smartphone membuat anak-anak menyalahgunakan perangkatnya untuk bermain dalam waktu yang lama dan mengakses konten – konten dewasa. Peranan orangtua bisa dengan mendampingi anak.

Pembatasan Konten

Hal ini merupakan bagian dari pemerintah dimana dengan adanya kebijakan pembatasan konten dewasa maupun konten yang bersifat SARA supaya setiap konten yang diakses oleh masyarakat adalah konten yang positif dan bermanfaat.

3.  Apa  dampak  yang  terjadi  dari  penyalahgunaan  fasilitas  layanan  telematika, jelaskan!

Waktu terbuang sia-sia untuk bermain game internet berlama-lama   


Kerugian Materiil seperti uang dalam ATM yang diretas   


Kerugian Non Materiil seperti data para user yang situsnya diretas

0 comments :

Post a Comment