Pengantar Telematika #2

Saturday, 1 November 2014

Pengantar Telematika #2



Apa manfaat dan dampak negatif dari jaringan komputer sebagai media untuk mengakses layanan telematika, jelaskan!


Menurut saya banyak manfaatnya seperti :
E-Government ( administrasi pemerintahan secara elektronik ) : penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain. Contoh nyata dari program e-government ini adalah adanya badan khusus yang mengurus hal – hal berkaitan dengan telematika yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesi (TKTI). Tim ini bertugas untuk mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori kegiatan dalam rangka meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia.
E-commerce ( transaksi jual beli secara elektronik ) merupakan suatu proses pembelian, penjualan, mentransfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan komputer termasuk internet.
E-learning ( pendidikan terbuka dengan metode jarak jauh ) merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya.
Sedangkan diluar itu masih banyak lagi, seperti GPS ( Global Positioning System ), kompas digital, sistem navigasi dan lain sebagainya.


Namun dampak negatif yang muncul menurut saya adalah :



1. Peningkatan biaya untuk membangun jaringan.
Ketika jaringan dalam sebuah perusahaan akan dibuat, diperlukan sejumlah anggaran tertentu, baik untuk konsultasi perencanaan, jasa pembangunan jaringan, dan juga pemeliharaan hardware dan software. Sedangkan bagi pengguna rumahan, biaya yang dibutuhkan relatif lebih sedikit.
2. Virus dan Hacking.
Keduanya telah menjadi momok bagi administrator jaringan,karena jaringan bisa down dan pekerjaan menjadi berhenti.

internet dalam telematika

Berikan contoh aplikasi-aplikasi apa saja yang berkembang yang memanfaatkan jaringan komputer khususnya internet dalam telematika!


Contoh aplikasi-aplikasi apa saja yang berkembang dalam telematika menurut pendapat saya seperti aplikasi sosial media seperti yang banyak kita tahu facebook, twitter, lalu aplikasi chat melalui smartphone dan aplikasi e-banking juga e-ticketing untuk pembelian tiket transportasi umum.


Faktor apa yang mendasari perkembangan telematika di Indonesia semakin meningkat, sebutkan dan jelaskan!


Pendapat saya, faktor yang mendasari perkembangan telematika di Indonesia :
  •   Dukungan sarana dan prasarana

Setelah adanya internet, semakin meningkatkan perkembangan telematika. Tantangan sekarang ini adalah agar seluruh daerah di Indonesia tercakup layanan internet cepat.
  • Meningkatnya dan semakin beragam kebutuhan pengguna

Bagaimanapun juga pada akhirnya aplikasi apapun dan layanan apapun yang tercipta dalam telematika berangkat dari kebutuhan pengguna. Semua pengguna ingin informasi yang mudah didapat, serba cepat, layanan lengkap dan handal untuk memenuhi kebutuhan mereka.

0 comments :

Post a Comment