Manfaat dan Peranan Telematika

Monday, 13 October 2014

Manfaat dan Peranan Telematika



Adapun faktor-faktor  yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses, yaitu :

  • Adanya Internet.

Salah satunya adalah dengan internet, kita dapat terhubung secara luas dan cepat. Dengan ini juga kita bisa menggunakan layanan informasi dengan lebih optimal.
  • Produk dan Jasa Teknologi Telematika.

Layanan telematika ada banyak seperti e-banking yang mempunyai fungsi penting. Kalau ada yang disebut melek financial maka terdapat juga melek teknologi. Dengan mampu menggunakan produk dan adanya jasa telematika maka kita dapat dengan mudah mengakses layanan telematika.

Berdasarkan perkembanganya, telematika mempunyai peranan yakni :
  • Mengoptimalkan proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memudahkan masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak.
  • Meningkatkan pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.

Contoh peranan telematika dalam bidang pendidikan :

  • E-Library

. Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.
  • E-learning.

Dalam dunia pendidikan ini peranan telematika dapat membuat kemajuan dunia pendidikan dan mempermudah dalam dunia pendidikan untuk proses pembelajaran. E-learning merupakan contohnya dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet.

Adapun dampak negatif dari telematika seperti carding, fraud, penyebaran virus dll. Untuk itu perlu hal-hal yang dapat mengurangi dampak negatif dari telematika, yakni :

  • Pembuatan UU yang mengatur penggunaan telematika.

UU tersebut dimaksudkan untuk memberikan aturan yang jelas dalam penggunaan telematika sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan hal-hal yang dilanggar.
  • Pembuatan hukum yang memberikan sanksi tegas bagi pelanggar telematika

Apabila terdapat pelanggaran maka sudah dibuat aturan hukum dan sanksi bagi pelanggar sehingga memberikan efek jera.

Juga terdapat fungsi dari telematika, yakni :
  • Sarana kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebut di mana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan. 
  • Penyampaian informasi. Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan komunikasi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatkan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, dan meningkatkan kesadaran dan wawasan. 

0 comments :

Post a Comment