Trik Cerdas Mengatur Suhu Laptop/ PC

Sunday, 18 May 2014

Trik Cerdas Mengatur Suhu Laptop/ PC


Sebelumnya Anda juga harus melakukan antisipasi, seperti mengatur suhu ruangan, memperhatikan penggunaan komputer, serta menambahkan komponen pendingin lain.
Beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai berikut :

Menambah Kipas Pada Casing

Dengan penambahan kipas dapat membantu kerja Blower yang ada pada power suply agar udara pada yang ada di dalam casing atau CPU dapat dibuang secara maksimal.Pemasangan kipas dapat bervariasi, tergantung bentuk dan model kabin dalam casing.

Menutup Casing

Banyak orang beranggapan dengan membuka casing CPU dapat membuat CPU lebih dingin. Kenyataannya, justru sebaliknya, Karena sistem pendingin pada CPU mengandalkan sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang baik adalah melalui celah-celah yang terdapat pada casing. Dari celah-celah tersebut udara masuk yang kemudian keluar lewat kipas yang terdapat pada power supply. Nah jika tutup casing di buka tidak akan ada sirkulas udara yang baik, justru akan menimbulkan pemanasan lokal yang mengakibatkan komponen dalam CPU cepat atau lambat akan rusak, dan kerusakan ini akan lebih fatal seperti hang dan over heating pada komponen yang penting.

Hindari sinar panas

Letak pc dapat mempengaruhi suhu dalam casing. Tempat casing yang terletak tepat diarah sinar matahari (daerah seperti jendela) dapat menaikkan temperatur dalam casing. Oleh sebab itu,sangat disarankan untuk meletakkan komputer di tempat yang  teduh. Hal yang samaa juga berlaku untuk notebook. Notebook sangat mudah menyerap panas dari suhu ruangan atau luar ruangan.Hal ini menyebabkan dalam keadaan mati pun (off), masih rentan terhadap panas. Perhatikan suhu luar ruangan apabila anda ingin menggunakan notebook ditempat terbuka.

Beri ruangan ekstra

Sistem pendinginan komputer hanya akan berfungsi maksimal jika tersedia ruang yang cukup untuk pertukaran udara. Artinya,PC harus dijauhkan dari dinding atau bagian ruangan yang menghalangi pemasukan udara. Dibagian belakang casing juga harus disediakan jarak supaya udara panas yang berasal dari dalam komputer dapat dibuang keluar tanpa halangan. Bagian depan dan samping casing lebih baik memiliki lubang ventilasi. Banyak produsen komputer dan casing tidak memilikiproduk dengan ventilasi yang cukup untuk masuknya udara. Oleh sebab itu, telitilah dahulu sebelum membeli komputer atau casing.

be.net/vantjerry

Alarm panas : Bagaimana BIOS mengawasi PC

Beberapa PC memiliki semacam fungsi pengawas yang secara otomatis dapat mematikan komputer jika temperatur prosesornya terlalu tinggi.Termometer ini memiliki nama yang berbeda-beda tergantung pada produsennya (misalnya c.o.p atau CPU Overheat Protection). Apakah di dalam PC Anda memiliki sistem pengamanan yang serupa? Anda dapat mengetahuinya melalui buku manual komputer anda. Cara mengaktifkan sistem tersebut pada umumnya melalui konfigurasi BIOS. Untuk itu setiap produsen komputer mengembangkan prosedur tersendiri,dan tidak begitu sulit. Untuk dapat sampai ke BIOS,pada umumnya Anda cukup menekan tombol “del” ketika komputer sedang booting. Setelah itu panggil fungsi tersebut dan tentukan temperatur maksimal prosesor. Beberapa pc mengawasi temperatur  prosesor dan mematikannya secara otomatis jika temperatur terlalu tinggi.

Hindari penghambat

Aliran udara di dalam casing juga perlu  diperhatikan. Semakin penuh komponen di dalam casing anda, semakin panas temperatur di dalamnya. Ini terjadi dikarenakan aliran udara dingin yang masuk ke dalam casing terhambat jalan keluarnya oleh peralatan tersebut. Karena itu,cabutlah komponen yang tidak anda butuhkan.

Pertolongan pertama

Jangan panik bila suatu saat anda harus bekerja dengan komputer, tetapi komputernya tidak mau menyala karena kepanasan. Yang harus Anda lakukan adalah membuka casingnya . Dan jika anda memilki sebuah fan, nyalakan tepat mengarah ke dalam casing.cara ini dapat mengurangi panas dan membantu menstabilkan komputer.

Pendingin prosesor

Prosesor modern memiliki kinerja tinggi. Namun,karena banyak bekerja panas yang dihasilkan pun tinggi juga. Panas ini harus dapat dibuang melalui sistem pendingin yang baik. Jika produsennya memasang sebuah pendingin murah karena faktor biaya, Anda dapat menggantinya dengan sistem pendingin baru. Sistem pendingin tersebut dapat Anda peroleh di toko komputer. Untuk pemasangannya dapat anda lakukan sendiri sesuai dengan petunjuknya.

Membersihkan sistem pendingin dari debu dan kotoran

Sistem pendingin berupa heatsink dan fan hanya dapat mendinginkan secara maksimal jika bersih dan bebas debu.karena itu Anda harus rajin membersihkan kipasnya dari waktu ke waktu.
Caranya seperti ini:
*Cabut kabel listrik komputer dan buka casing
*
Sebuah kipas terletak di prosesor dan satu lagi di trafo listrik. Beberapa pc juga memiliki kipas yang terletak di casing atau pada kartu grafis.
*Untuk membersihkannya,
Anda dapat menggunakan sebuah kuas atau pinset kecil. Bersihkan debu yang terdapat diatas dan bagian bawah kipas.

Memasang kipas tambahan

Apakah pc Anda sering kali crash atau hang karena terlalu panas? Dalam hal ini anda harus menambahkan kipas pada sistem pendingin yang telah tersedia. Beberapa casing komputer memiliki tempat kosong sebagai tempat untuk kipas tambahan. Sistem pendinginan kecil ini dapat memperbaiki aliran udara di dalam casing ada juga kipas untuk casing yang dapat anda pasang ditempat drive atau di slot PCI kosong. Cara ini sangat baik karena dapat mendinginkan komponen secara langsung misalnya hard disk atau kartu grafis.

Mengganti kabel drive lebar

Seperti telah dibahas pada point nomor 3,hambatan udara dingin terbesar di dalam casing disebabkan oleh tidak teraturnya jalur kabel di daalm casing. Kabel drive yang lebar juga dapat mengurangi sirkulasi udara. Di beberapa pc,kabel-kabel lebar ini telah di ganti.Umumnya dua kabel IDE menghubungkan motherboard dengan hard disk dan CD drive. Pastikan bahwa seluruh kabel telah terpasang dengan benar di seluruh drive.

Beristirahat

Apabila anda sering menggunakan komputer untuk bermain game 3D,maka sesekali waktu beristirahatlah. Selain baik untuk kondisi tubuh anda, peringanan kerja pada sistem pc Anda akan menjamin keawetannya.

Jika ada gunakan Cooling Pad

Cooling pad memang cukup laris digunakan dengan kemampuan menurunkan temperatur CPU 1-5o C.


Rutin mengganti Thermalpaste

Usahakan Anda untuk tidak lupa mengganti thermalpaste. Thermalpaste sebenarnya memang tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, akan tetapi setidaknya dapat membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih baik. Hanya saja, apabila Anda mengganti thermalpaste namun heatsink berdebu atau kipas tidak berjalan normal, maka itu tidak berefek sama sekali.lebih baik gunakan thermalpaste yang juga digunakan untuk CPU.


Sumber 1
Sumber 2

0 comments :

Post a Comment