Tips Praktis & Lengkap Mempercepat Proses Booting Laptop

Friday, 2 May 2014

Tips Praktis & Lengkap Mempercepat Proses Booting Laptop


Proses booting adalah proses menghidupkan perangkat dari keadaan mati hingga siap dipakai pengguna.
Perangkat yang dibahas dalam artikel ini adalah pc dan laptop.
Salah satu kelemahan bila kita menginstall  banyak aplikasi adalah komputer menjadi lambat. Baik saat booting ataupun saat menjalankan software.  Ada macam-macam sebab kenapa komputer menjadi lambat, salah satunya adalah banyaknya software yang berjalan pada saat bersamaan. Software ini tanpa anda sadari berjalan secara otomatis saat anda menghidupkan komputer.
Tentunya berbagi hal-hal teknis yang bisa dilakukan dengan gampang dan bermanfaat untuk  komputer dan laptop.

Berikut adalah langkah praktis mempercepat proses booting :

1. Meminimalisir Startup
Tanpa sadar setiap anda menghidupkan komputer banyak software yang ikut berjalan secara otomatis. Startup yang perlukan adalah yang berkaitan dengan security semisal antivirus dan yang berkaitan dengan driver misalkan saja wifi.
Untuk mematikan startup yang terlalu banyak : Ketik msconfig pada bagian search di startmenu untuk OS Win7/Win8. Setelah itu akan muncul windows dengan banyak tab.
Tab Booting :
Pada menu ini anda dapat menentukan jumlah prosesor yang digunakan untuk proses booting. Hal ini tergantung kepada jenis prosesor yang anda miliki. Semakin tinggi jenis prosesor anda, maka semakin banyak core yang dapat digunakan untuk booting. Artinya semakin cepat pula proses booting anda , karena melibatkan banyak core.
Masuk ke Tab Startup :
Pada menu ini anda bisa melakukan disable kepada program yang anda tidak inginkan untuk diloading saat booting process dimulai dengan cara hilangkan centangan pada startup yang tidak anda inginkan.
Disini juga kita bisa menentukan startup item yang akan diload pada saat booting,.
Pada Windows XP : ketikkan msconfig pada form RUN dan tekan enter lalu akan muncul windows, pilih tab startup dan hilangkan centangan pada startup yg tidak diinginkan.

http://kelinciabuabu.blogspot.com/

2. Melakukan Uninstall terhadap program yang tidak penting atau jarang digunakan.
Teliti dengan baik program aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang digunakan.  Aplikasi yang jarang dipakai akan memakan memory RAM komputer anda, sehingga akan menimbulkan lag/ lambat pada komputer anda. Pastikan program-program seperti Toolbar tidak terinstall di komputer anda, hanya akan membuang memori saja, walaupun ukurannya hanya sedikit.

3. Mematikan Services yang tidak perlu
Mempercepat komputer juga bisa dilakukan dengan mematikan services yang tidak perlu.
Services adalah komponen yang berjalan di windows, baik bawaan windows maupun bawaan software. Contoh services adalah telephony yang berguna jika anda menggunakan komputer untuk keperluan yang berkaitan dengan modem. Jika anda tidak butuh maka services bisa anda matikan secara manual.
Caranya : Selain juga terdapat dalam msconfig di tab services juga bisa dengan mengetikkan services.msc pada kolom search bar dan pilih services yang mau dinon-aktifkan.
Ada beberapa pilihan : disable, manual dan automatic.
 Jika disable artinya service itu kita non-aktifkan, kalau manual artinya tetap berjalan kalau kita menjalankan secara manual dan automatic maka akan otomatis berjalan ketika komputer hidup.
Hati-hati dalam memilih karena ada services yang sangat penting, harap baca keterangan services sebelum merubahnya.

4. Membersihkan Registry
Registry merupakan ketentuan pada windows yang harus ada sebelum anda menginstall suatu aplikasi pada windows. Bila mengalami kegagalan instalasi akan merusak registry tersebut, dan jika dibiarkan akan menghambat performa PC anda. Bersihkan registry anda dari broken registry dengan menggunakan tools cleaner yang mampu memperbaiki registry anda.
Anda bisa menggunakan aplikasi CCleaner yang sering orang gunakan dalam mengatasi masalah registry.

5. Lakukan Defrag secara berkala pada komputer anda, caranya —> klik my computer —> pilih drive yang mau di defrag —> klik kanan —> properties —> toolsDefragmentation


Sumber 1
Sumber 1

0 comments :

Post a Comment