Tips Mudah Dan Tepat Menjaga PC Anda Terhindar Virus

Friday, 2 May 2014

Tips Mudah Dan Tepat Menjaga PC Anda Terhindar Virus


Bila komputer sudah terproteksi dengan baik atau komputer anda yang bebas virus sejak awal maka untuk selanjutnya anda perlu memperhatikan pemakaian dan cara-cara agar komputer anda tetap bebas virus.

Berikut adalah tips menjaga komputer/ laptop anda bebas virus :
  • Jangan sembarangan membuka lampiran email atau mengakses hyperlink di email .
Virus senang untuk mengelabui orang untuk mengklik link yang akan membawa mereka ke perangkat lunak berbahaya. Biarkan orang tahu bahwa anda tidak mengklik hyperlink di email kecuali pengirimnya mencakup uraian pada link tersebut .
  • Perhatikan pada setiap jendela yang muncul ketika sedang melakukan browsing.
Jika melihat pemberitahuan untuk mengklaim bahwa, perlu mendownload driver video terbaru untuk menontonnya, waspadalah, karena ini adalah taktik yang umum digunakan untuk mendistribusikan malware.
  • Jalankan perangkat lunak antivirus, setidaknya sekali seminggu.
Pastikan bahwa perangkat lunak antivirus anda juga diperbaharui secara teratur karena akan memperbaharui  database virus sehingga antivirus anda mampu mengenali berbagai jenis malware baru. 
ivantinusjerry.tumblr.com

  • Hentikan proses yang mencurigakan.
Sebagian besar proses dalam daftar proses adalah proses yang dijalankan sistem (Windows) atau program yang memang sengaja kita jalankan. Jika kita terlanjur membunuh proses yang merupakan bagian dari sistem, kadang-kadang komputer akan shutdown sendiri dengan pemberitahuan dan hitungan mundur sebelumnya. Kadang-kadang proses virus begitu mudah dikenali karena menggunakan nama yang ganjil (misal “sempalong” atau “eksplorasi” pada virus Brontok). Tetapi tidak jarang proses virus menggunakan nama yang sekilas tampak familiar, sehingga user menyangka proses tersebut adalah proses dari sistem operasi, tetapi sebenarnya sama sekali berbeda dengan nama-nama yang digunakan oleh sistem, misal: lExplorer (LEXPLORER, bukan iexplorer, dengan huruf “i” besar).

  • Jangan sembarangan menghubungkan pc/ laptop anda dengan perangkat lain.
Perangkat yang paling sering menjadi sarana penyebar virus adalah flashdisk. Jika sebelumnya sudah terkena virus maka lakukan scan pada flashdisk di pc/ laptop yang memiliki antivirus dan sudah teruji. Bila antivirus tersebut jarang diperbaharui atau kurang diperhatikan bisa berakibat antivirus tersebut yang tidak mampu melumpuhkan dan terjangkit virus.

Sekian tips praktis menjaga komputer anda bebas virus. Semoga bermanfaat.

Sumber 1
Sumber 2

0 comments :

Post a Comment