Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Baterai Laptop

Sunday, 18 May 2014

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Baterai Laptop



Memiliki sebuah baterai laptop dengan kualitas yang tinggi dan juga charger laptop merupakan salah satu bagian terpenting untuk memiliki sebuah laptop pribadi. Terutama jika anda menginginkan untuk memaksimalkan manfaat utama dari portabilitas laptop harus didampingi dengan baterai yang berkualitas.

Pada saat sekarang ini sudah terdapat beberapa jenis pembuat jenis baterai, dan terutama pada pengecer yang menjual baterai laptop. Namun, ketika anda memang ingin mempunyai niat untuk membeli baterai laptop diperlukan tips-tips memilih baterai untuk laptop anda. Untuk hal ini anda anda akan memerlukan terlebih dahulu untuk mengetahui jenis dan nomor model laptop anda, jika anda binggung karena tidak menggetahui ini atau juga tidak memiliki buku panduan laptop anda, anda bisa mematikan dan cabut baterai computer anda untuk memeriksa pada dalam bagian baterai anda.

Ketika anda membeli baterai laptop, anda mungkin hanya akan memiliki sedikit pilihan yang benar-benar sesuai dengan model komputer yang anda miliki. Pilih jenis baterai yang mempunyai daya tahan paling lama untuk komputer anda.



be.net/vantjerry

Berkualitas identik mahal?


Mengganti baterai adalah solusi yang tepat jika baterai Anda mengalami masalah. Tetapi sudah menjadi pemikiran umum, baterai notebook yang berkualitas adalah mahal. Akibatnya Anda membiarkan baterai notebook yang bermasalah itu terus mengganggu aktivitas Anda dan Anda memilih resiko untuk membiarkan notebook Anda lah yang minta diganti. Padahal tidaklah demikian kenyataannya. Anda hanya perlu jeli dan sedikit pengetahuan mengenai baterai notebook.

Kalau Anda membeli baterai notebook, berarti Anda membeli seperangkat sel-sel baterai dan casing yang cocok dengan notebook Anda. Pada dasarnya, kualitas baterai notebook ditentukan dari sel-sel baterai di dalamnya. Apa yang biasa kita lihat sebagai baterai notebook yang (biasanya) berbentuk persegi itu adalah casing tempat sel-sel baterai berada. Jumlahnya sel-sel itu bervariasi, antara 3-12 sel.

Sebagian besar produsen notebook menggunakan sel baterai yang sama dengan produsen notebook yang lain. Banyak juga produsen yang khusus memproduksi baterai-baterai notebook yang beredar di pasaran. Ada yang berkualitas baik (bahkan lebih baik) & ada yang berkualitas rendah. Tergantung dari isi sel dan kualitas casing baterai notebook tsb.

Tips membeli baterai


Bagi Anda yang mengutamakan kualitas dan performa baterai notebook, berikut hal-hal yang bisa Anda jadikan pedoman:

- Baterai notebook tidak harus bermerk sama dengan notebook Anda, yang penting spesifikasinya harus sama. Karena pada dasarnya produsen notebook dan produsen baterai adalah independen. Hal yang umum adalah pada perangkat elektronik lain, misalnya baterai remote televisi Anda tidak harus bermerk sama dengan merk televisi Anda kan?

- Lebih baik tidak membeli baterai notebook bekas, karena performa baterai bekas akan sangat menurun. Harga baterai baru dengan performa prima akan jauh lebih murah dibanding dengan membeli baterai bekas.

- Dalam membeli baterai notebook sesuaikan spesifikasi baterai yang digunakan oleh notebook Anda.

- Jangan "mengisi ulang" baterai notebook Anda (mengganti sel baterai). Casing baterai notebook dibuat sekali pakai. Membongkar paksa dan mengganti sel baterai menyebabkan resiko hubungan arus pendek dan menyebabkan rusaknya kunci-kunci casing pada notebook.

- Perhatikan casing baterai, apakah ada bekas dibuka, mengelupas, atau ada bagian yg patah/copot. Bagian-bagian casing yang copot atau tidak rata akan menyebabkan kerusakan pada casing notebook Anda.

- Pastikan sel baterai buatan produsen handal dan casing baterai yang bagus build quality nya.



Sumber 1
Sumber 2

0 comments :

Post a Comment