Definisi, Fungsi, Tips Windows Experience Index

Sunday, 18 May 2014

Definisi, Fungsi, Tips Windows Experience Index



Pengertian Windows Experience Index


Fitur Windows Experience Index dirilis pertama kali saat meluncurkan Windows Vista.

Windows Experience Index adalah sebuah tools yang berguna untuk mengukur kemampuan hardware komputer juga konfigurasi perangkat lunak dan menampilkan hasil pengukurannya ini berupa angka atau disebut skor dasar.

Skor tersebut dihitung dengan melakukan test benchmark secara keseluruhan terhadap CPU, RAM, graphics video, harddisk, kecepatan transfer data dan hal lain yang menyangkut kinerja hardware.
Skor yang didapat dari setiap komponen dikumpulkan menjadi satu dan kemudian digabung menjadi skor utama dari Windows Experience Index.
Nilai atau score yang muncul disini bukan rata – rata, melainkan nilai terendah suatu komponen. Saat ini, nilai tertinggi untuk suatu komponen adalah 7.9.

Cara Mengetahui Base Score


Untuk mengetahui Base Score kamu, klik Start pada Windows dan ketik ‘experience index’ pada kotak search yang tersedia. Pilih Check the Windows Experience Index.
Atau dengan klik kanan pada Computer di Start Menu dan pilih properties.
Bagi yang menggunakan laptop atau netbook, kamu harus menggunakan adapter, karena tes ini tidak dapat berjalan menggunakan baterai.  Untuk penilaian ulang cukup, klik “Re-run assessment” .





Ada 5 bagian hardware yang dinilai oleh Windows Experience Index :
·         Processor: Calculation per second
Menilai performa prosesor dalam satuan kalkulasi per detik.
·         Memory (RAM): Memory Operation per second
Menilai performa RAM dalam satuan operasi memori per detik.
·         Graphics: Desktop performance for Windows Aero
Menilai performa grafis dalam menjalankan Windows Aero di Windows anda.
·         Gaming graphics: 3D business and gaming graphics performance
Menilai performa grafis dalam memainkan software 3D dan bermain game.
·         Primary hard disk: Disk data transfer rate
Menilai kecepatan hard disk anda.

Arti Angka yang Muncul

  1. Nilai 1.0 - 2.0 : Dapat mengerjakan komputasi dasar, seperti Microsoft Office dan browsing. Tetapi komputer tidak kuat untuk menjalankan Windows Aero atau multimedia yang baik.
  2. Nilai rata-rata 3.0 : Dapat menjalankan Windows Aero dan fitur lainnya di Windows 7, namun beberapa fitur Windows 7 yang berat mungkin tidak dapat dijalankan.
  3. Nilai 4.0 - 5.0 : Dapat menjalankan semua fitur yang ada di Windows 7 dan mendukung multitasking yang baik.
  4. Nilai 6.0 - 7.0 : Performa komputer anda sangatlah baik. Harddisk lebih cepat, mendapatkan dukungan multimedia yang sangat baik, gaming 3-D yang sangat baik, dan aktifitas visual lainnya akan menjadi lebih bagus.

Cara Meningkatkan Base Score


Base score dinilai berdasarkan subscore terendah. Artinya, kamu perlu meningkatkan komponen dengan subscore terendah untuk dapat meningkatkan Base Score. Satu – satunya cara untuk meningkatkan subscore adalah dengan melakukan upgrade pada komponen yang bersangkutan. Contohnya, untuk mendapat nilai subscore komponen memori yang lebih baik, kamu perlu meng-upgrade RAM yang lebih besar atau lebih cepat.


Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

0 comments :

Post a Comment