16 Tips Bijak Merawat Laptop Anda Tetap Awet

Friday, 2 May 2014

16 Tips Bijak Merawat Laptop Anda Tetap Awet


Kenapa Anda berpikir laptop Anda akan rusak jika Anda mampu menjaganya dengan baik?

Perlu diketahui juga, komponen laptop itu lebih mahal dibandingkan komponen komputer desktop atau PC. Nah, maka dari itu untuk menghindari kantong kita bolong, sebaiknya lakukan deh tips merawat laptop.

Nah, inilah saatnya Anda belajar  tips komputer bagaimana tips merawat laptop yang baik itu. Yuk kita simak :

1. Jauhkan dari air
Air adalah musuh terbesar dari semua peralatan listrik :-) Jadi hindari makan dan minum di dekat laptop Anda. Apalagi sampai menaruh minuman dekat dengan laptop. Jika, anda bepergian keluar kota dengan sepeda motor dan harus membawa laptop, bila hujan pastikan tas laptop Anda Anti-Air atau lebih mudahnya sediakan kresek (Jangan di anggap sepele masalah ini).

2. Hindarkan dari tekanan fisik berlebihan
Tas yang berjejal dengan berbagai barang, termasuk laptop Anda, sangat berpotensi menimbulkan tekanan kepada laptop, akhirnya LCD laptop akan mendapat tekanan juga dan berpotensi retak dan pecah. Jadi, pastikan laptop Anda tidak berdesakan dengan barang-barang lain seperti buku-buku tebal dalam tas Anda.

3. Gunakan ditempat datar dan aman
Gunakan laptop ditempat yang datar dan aman. Memakai laptop dengan dipangku tidak hanya berpotensi menimbulkan masalah kesehatan reproduksi, tetapi juga laptop rentan jatuh.
Nah, ketika anda menaruh laptop anda pada permukaan yang tidak datar, maka akan terjadi kemungkinan head menggores piringan hardisk laptop anda. Apa akibatnya jika sampai hal ini terjadi? akibatnya adalah akan terjadi bad sector pada hardisk laptop anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan hardisk anda akan mengalami kerusakan total. Anda mau hardisk anda rusak? jika anda tidak menginginkannya, maka letakkan laptop anda pada permukaan yang datar pada saat laptop anda sedang menyala.

4. Berilah pelindung standar
Pelindung disini yang dimaksud adalah pelindung untuk LCD (LCD Protector) dan keyboard (Keyboard Skin). Dengan LCD Protector, LCD Anda akan lebih aman dari goresan dan dengan keyboard skin, keyboard Anda akan lebih aman dari cairan dan debu. Anda dapat membelinya di toko-toko aksesoris laptop.

5.  Hindari radiasi elektromagnetik berlehihan
Sumber utamanya adalah handphone Anda. Dianjurkan untuk tidak meletakkan handphone diatas laptop Anda. Karena saat ada panggilan maupun SMS, radiasi elektromagnetik HP meningkat dan akan merusak chip dalam laptop yang sangat sensitif dengan radiasi elektromagnetik. Dalam waktu yang lama, radiasi HP diatas laptop akan menimbulkan kerusakan pada keyboard.


6. Bijaksanalah menggunakan listrik dan baterai
Sebagian orang melepas baterai saat mereka menggunakan listrik secara langsung sebagai sumber catu daya untuk laptop. Hal ini sangat berbahaya, apalagi jika tiba-tiba listrik padam. Anda tidak hanya akan kehilangan data, tapi potensi rusaknya beberapa komponen laptop akan semakin besar terutama hardisk Anda. So, gunakanlah baterai. Chargelah kembali jika kapasitas baterai tinggal 10%.

7. Pakailah cooling pad
Panas yang berlebihan karena penggunaan yang sangat lama akan menurunkan daya tahan komponen laptop terhadap kerusakan akibat panas. Oleh karena itulah belilah kipas pendingin laptop.

8.  Simpan CD driver laptop dengan baik
Beberapa merk laptop memberikan CD driver saat kita membeli laptop. Jagalah dengan baik CD tersebut, sebab Anda akan membutuhkannya sewaktu-waktu jika harus install ulang OS ataupun ada komponen laptop yang tidak bisa berjalan karena file drivernya rusak.

9. Update Antivirus secara berkala
Tidak ada antivirus yang sempurna, akan tetapi dengan selalu melakukan update, antivirus laptop Anda akan lebih kuat melawan virus-virus yang masuk dalam laptop. Pastikan Anda melakukan scan terhadap flashdisk yang masuk.

10. Jaga kebersihan laptop anda
Usahakan laptop anda tidak boleh ada debu sama sekali, selalu setiap habis dipakai lap dengan kain putih bersih agar bebas debu dan kuman penyakit. Pakai pelindung layar dan pelindung keypad juga klo mampu beli.

11. Rapikan kabel-kabel yang terhubung
Sebisa mungkin kabel-kabel ke laptop itu harus tertata rapi, jangan sampai membuat orang lain tersandung lalu jatuh dan terluka kemudian menyalahkan anda. Bisa repot lagi urusannya.

12. Usahakan untuk tidak mencoba memindah-mindahkan laptop saat masih hidup.
Laptop yang masih hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal.

13. Jika laptop anda bermasalah serahkan pada ahlinya.                                       
Apabila anda mampu kenapa tidak? Tetapi bila anda kurang yakin lebih baik diserahkan ke tukang service berpengalaman. Karena jika anda membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin berat.

14. Simpan baik-baik kartu garansi anda / sticker garansi pada laptop.

15. Jangan menaruh beban diatas laptop.
Mungkin masih ada yang sering melakukan hal ini. Meletekkan sebuah benda diatas laptop. Apalagi jika benda tersebut berat, hati-hatilah, karena jika sampai hal ini terjadi pada laptop anda, maka akan berpotensi merusak laptop anda.
Biasanya ketika laptop sedang tidak dipakai dan dalam kondisi tertutup, orang secara tidak sengaja seringkali meletakkan benda diatas laptop miliknya. Meletakkan tumpukan buku misalnya. Padahal, hal ini akan dapat merusak LCD laptop anda. LCD laptop anda akan bisa mati total karena hal ini. Jadi, usahakanlah jangan menaruh benda diatas laptop anda jika anda ingin laptop anda benar-benar awet.

16. Jangan meletakkan laptop diatas kasur saat sedang menyala
Ada apa dengan kasur? mungkin anda seringkali melihat orang yang dengan asyiknya bermain dengan laptopnya sambil santai diatas kasur mereka. Padahal, hal ini akan sangat membahayakan laptop anda. Bukan hanya kasur, tetapi semua benda yang lembut bisa berpotensi membahayakan laptop anda.
Alasannya cukup logis, ketika laptop dalam keadaan menyala dan diletakkan diatas kasur yang empuk, maka hawa panas yang terus dikeluarkan dari laptop pada saat dipakai akan terserap oleh kasur yang ada dibawahnya. Karena apa? karena kasur memang bersifat menyerap bukan membuang hawa panas dari laptop anda. Padahal, laptop anda sangat membutuhkan sirkulasi udara yang bagus ketika sedang menyala untuk membuang hawa panas. Jadi intinya, jangan sampai anda membiasakan diri menggunakan laptop diatas kasur ataupun bahan-bahan lain yang sejenisnya jika anda ingin laptop anda awet.
Sekian semoga bermanfaat.

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

0 comments :

Post a Comment