Mengenali Tanda Kerusakan VGA Card & Cara Membersihkan VGA

Wednesday, 30 April 2014

Mengenali Tanda Kerusakan VGA Card & Cara Membersihkan VGA


Apa saja sih tanda-tanda VGA Card pada komputer akan rusak?
1.  Tidak ada tampilan di layar monitor, pijit numlock atau caps lock nggak hidup
2.  Masuk program hang
3.  Program error trus walaupun di install beberapa kali
4.  Gambar kadang warnanya ancur
5.  Game 3D sering hang

http://kelinciabuabu.blogspot.com/2014/04/tanda-kerusakan-vga-card-cara-membersihkan-vga.html

Untuk mendiagnosis VGA rusak jangan keburu2,  coba copot dulu VGA cardnya dan bersihkan pinnya.

Berikut adalah tips membersihkan VGA :

Salah satu musuh pada perangkat keras komputer adalah debu. Bagian komputer secara lambat laun akan mulai tertutup oleh kotoran seperti debu halus.

Dari mana asal debu komputer yang menumpuk didalam case komputer. Komputer memiliki pengaturan udara. Udara dingin dari luar komputer dimasukan oleh fan, lalu dibuang ke sela lubang case atau fan lain. Debu atau kotoran yang terhisap masuk secara lambat laun akan menumpuk pada komponen.

Dari seluruh komponen yang paling kotor, ada bagian yang paling kotor. Dimana komponen tersebut biasa memiliki fan untuk pendingin yaitu bagian heatsink. Fan akan menarik udara didalam case, termasuk kotoran debu yang masuk terbawa oleh heatsink case. Lalu pada bagian heatsink pendingin procesor relatif tidak sulit dibersihkan, karena akan mudah terlihat. Cukup mengunakan kuas halus, dan tinggal dibersihkan perlahan sampai semua debu keluar.

Bagian paling sulit adalah heatsink VGA. Bagian ini umumnya tertutup cover pelindung dari plastik dan jarang anda perhatikan. Beruntung pada heatsink model  baru yang saat ini banyak dipakai pada produk VGA, memiliki kemudahan untuk dilepas pasang.

Periksa dahulu jenis heatsink VGA anda. Lalu lihat pada bagian penahan cover heatsink VGA. Umumnya diberikan 4 buah baut, 2 dibagian belakang PCB VGA dan 2 lagi dibagian penahan slot VGA.

Buka baut dan lepaskan cover plastik heatsink anda. Akan terlihat bagian utama heatsink dengan sirip untuk pendingin procesor VGA.

Ambil kuas dan bersihkan dengan posisi VGA miring kebawah. Posisi heatsink menghadap kebawah, dan posisi kuas menghadap keatas sehingga debu jatuh keluar dari heatsink dan tidak masuk kembali ke dalam sisi heatsink.

Akan sangat membantu bila anda memiliki vacuum cleaner untuk mengambil debu terselip dan tidak terjangkau oleh kuas.

Seperti gambar dibawah ini, heatsink sudah bersih kembali. Sisa kotoran dari VGA selama pemakaian 1 tahun, bisa dikeluarkan dengan mudah oleh heatsink VGA

Selesai membersihkan , kembalikan cover plastik dari VGA, pasang kembali 4 baut yang ada. VGA anda akan mendapatkan pendingin lebih baik dibandingkan sebelum dibersihkan.

Peralatan untuk membersihkan heatsink hanya 1 obeng dan 1 kuas saja.

Sumber 1
Sumber 2

0 comments :

Post a Comment