Mengenali Penyebab CPU Gagal Output Ke Monitor

Wednesday, 30 April 2014

Mengenali Penyebab CPU Gagal Output Ke Monitor



Terkadang kita pernah mengalami komputer tidak bisa tampil pada layar monitor, disini saya akan membahasa sedikit tentang bagaimana cara mengatasi masalah komputer tidak bisa tampil pada layar monitor. Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab mengapa komputer tidak tampil pada layar monitor : 


http://kelinciabuabu.blogspot.com/

1. Memory Utama Kotor

Memory Utama (banyak orang yang menyebutnya dengan RAM) yang kotor bisa menjadi penyebab utama. Yang dimaksud memory kotor adalah pin yang terbuat dari logam pada memory utama. Karena jika pin memory utama kotor, maka data yang akan di transfer ke layar Monitor menjadi tidak sempurna bahkan tidak terkirim sama sekali. Penyebab pin memory utama kotor biasanya karena komputer tersebut sudah lama tidak digunakan, sehingga perangkat yang ada di dalam komputer tersebut menjadi kotor. Membersihkan pin memory utama bisa dengan cara menggosok pin tersebut menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet. Setelah itu bersihkan dengan kuas.

2. VGA Card Kotor

VGA Card kotor juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer tidak menyala (jika pada komputer anda memiliki VGA Card). Penyebab VGA Card kotor hampir sama dengan penyebab memory utama kotor. Karena jika pin yang terdapat pada VGA Card kotor, transfer data menuju layar monitor juga tidak sempurna. Cara mebersihkannya juga sama dengan membersihkan memory utama, yaitu dengan cara menggosok pin tersebut menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet. Setelah itu bersihkan dengan kuas.

3. Processor Mati

Processor yang mati juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa komputer tidak bisa tampil pada layar monitor. Banyak penyebab mengapa processor tersebut mati.Salah satunya processor tersebut terlalu panas atau overheating. Overheating sendiri terjadi karena panas yang dikeluarkan pada processor tidak mengalir dengan baik ke Heat Sink Fan (HSF), sehingga panas yang dihasilkan processor akan mengendap di processor.

Sumber

0 comments :

Post a Comment