Kualitas Sebuah Karya Tulis

Wednesday, 30 April 2014

Kualitas Sebuah Karya Tulis



Menurut Edy Prihantoro dalam tulisannya, karya tulis adalah segala bentuk hasil pikir manusia yang dituangkan dalam tulisan.Merujuk dari definisi ini maka disebutkan bahwa karya tulis dibagi 2 yaitu : karya tulis fiksi dan non fiksi (ilmiah).

www.ivantinusjerry.tumblr.com

Adapun kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa aspek, yaitu :

a.      Topik yang menarik
Dalam menulis berbagai bentuk tulisan seperti novel, cerpen, cergam ketentuan memilih topik yang menarik sudah bukan rahasia umum.Memilih topik merupakan hal pertama yang penting dalam pembuatan sebuah karya tulis.Pada awalnya topik yang menarik akan membuat pembaca merasa penasaran lalu selanjutnya pembaca akan mulai memperhatikan isi tulisan. Dalam memilih topik harus dilakukan dengan seksama dengan memperhatikan berita yang aktual, isu yang sedang hangat dibicarakan, rata-rata usia target pembaca maupun kemampuan penulis. Topik yang menarik juga menimbulkan minat dan antusiasme pembaca untuk terus memperhatikan karya tulis selanjutnya. Ini merupakan hal yang positif apabila karya tulisan dapat disambut dan diterima dengan baik oleh pembaca terutama bagi karya tulis yang mempunyai tujuan komersil.

b.      Mudah dipahami oleh pembaca
Kualitas karya tulis juga ditentukan oleh tersampainya makna/pesan karya tulis kepada pembaca dengan baik. Pemahaman karya tulis yang baik oleh pembaca dapa tdilihat sejak awal dengan melihat gaya penulisan, alur, pemilihan kata, maupun struktur kalimat. Pemahaman cerita oleh pembaca merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya. Penyampaian cerita kepada pembaca sangat penting agar maksud baik penulis dan ide tulisan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca. Sebuah karya tulis apabila dipahami dengan baik oleh pembaca merupakan indikator keberhasilan karya tulis terlepas dari apapun tema maupun jenis karya
tulis.


Sekian. Semoga bermanfaat.

0 comments :

Post a Comment