Kepemimpinan

Thursday, 3 January 2013

Kepemimpinan


Tipe-Tipe Kepemimpinan

Tipe-Tipe Kepemimpinan


Moejiono (2002) memandang bahwa kepemimpinan tersebut sebenarnya sebagai akibat pengaruh satu arah, karena pemimpin mungkin memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok.

Teori Kepemimpinan, yaitu :

1.       Teori Great Man

2.       Teori Sifat

3.       Teori Perilaku

4.       Teori Situasional

5.       Teori Transaksional

6.       Teori Transformasional

Tipe Kepemimpinan, yakni :

1. Adaptif

Seorang pemimpin yang adaptif dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang dinamis, menyesuaikan nilai mereka, dan membantu bawahan mereka untuk dapat ikut menyesuaikan diri. Contohnya Sam Palmisano dari IBM, dan Ford’s Alan Mulally.

2. Kecerdasan emosional

Pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional sangat bisa mengatur diri mereka sendiri dan hubungan mereka dengan orang lain.

3. Karismatik

Seorang pemimpin yang kharismatik dapat mempengaruhi orang lain untuk melewati kepemimpinan bersama dirinya. Seorang pemimpin yang karismatik dapat menjadi motivator yang hebat dan seringkali membawa kesuksesan yang luar biasa bagi perusahaannya. Contohnya Theodore Roosevelt.

4. Authentic

Authenticity, seperti halnya passion, adalah sebuah kata yang sering digunakan untuk menggambarkan pemimpin dengan integritas dan karakter. Contohnya James Goodnight dari perusahaan software raksasa SAS.

5. “Level 5 leader

Pemimpin level 5 mengejar tujuan dengan kegigihan seperti seekor singa dan kerendahan hati seperti seekor domba. Pemimpin seperti ini adalah pemimpin yang murah hati, bertanggung jawab, dan meletakkan kepentingan organisasi di atas kepentingan pribadi.

6. Mindful leader

Merupakan pemimpin yang memperhatikan, menganalisa dan yang paling penting, mendengarkan orang lain, maka mereka akan menanyakan pertanyaan yang lebih pintar sehingga dapat mendeteksi perubahan yang terjadi.

7. Narsisme

Pemimpin yang terlalu mencintai dirinya sendiri atau narsis, tidak mendengarkan orang lain dan tidak suka jika ada pendapat yang berbeda dari pendapat mereka. Tapi tidak semua pemimpin yang narsis itu buruk. Contohnya Bill Gates dan Andy Grove. Mereka adalah pemimpin yang visionaris, dan mampu membawa orang-orang mengikuti visi yang mereka buat. Tipe pemimpin seperti ini ternyata memiliki pendamping yang mampu menutupi kekurangan mereka, dan tetap menjaga mereka untuk rendah hati.

8. ”No-excuseleadership

Tipe kepemimpinan ini mampu membuat keputusan dengan cepat, bersikap tegas dan keras, dan menunjukan mental yang kuat. Contoh pemimpin ini adalah Frederick Smith, mantan angkatan laut yang menjalankan FedEx selama lebih dari 40 tahun.

9. Menular

Moral seseorang dapat naik dan turun sesuai dengan mood dari sang pemimpin. Pemimpin yang positif dan bersemangat dapat menularkan itu kepada bawahan mereka. Seorang pemimpin tipe ini harus mampu memisahkan permasalahan pribadi dari kehidupan profesional mereka.

10. Melayani

Pemimpin yang bersedia untuk melayani bawahannya, tidak tertutup pada batasan jabatan dan bersedia menjadi contoh agar bawahan mereka dapat bekerja dengan lebih baik. Tipe-tipe pemimpin ini adalah mereka yang memiliki empati yang besar dan peduli.

11. Storyteller

Seorang pemimpin harus mampu bercerita tentang dirinya sendiri, tentang perusahaan, tentang apa yang dilakukan pegawai mereka, dan tentang apa yang akan dilakukan mereka di masa depan. Tidak heran, jika tipe pemimpin seperti ini banyak terdapat dan cocok untuk para entrepreneur, karena para entreprenur membangun sendiri cerita mereka, dan mereka lah yang benar-benar mengerti cerita mereka.

Sumber :



belajarpsikologi.com

0 comments :

Post a Comment