Laptop atau Tablet?

Friday, 19 October 2012

Laptop atau Tablet?


Jika kita mencari suatu gadget yang bisa kita bawa dari kelas ke kelas dikampus, maka pilihannya adalah antara laptop atau tablet yang mana sangat sulit memilih diantara keduanya. Laptop memiliki keuntungan dalam hal fungsi, namun tablet yang lebih ringan dan lebih murah. Jika kita sudah memiliki komputer sebagai dukungan atas pendidikan kita baik di rumah atau di asrama kita, maka pilihan kita akan lebih terbuka. Tetapi jika tidak, kita mungkin harus memilih sebuah laptop. Laptop lebih baik untuk multitasking, menulis makalah dan menggunakan spreadsheet, dan mereka memiliki lebih banyak pilihan untuk berbagai cara kita agar pekerjaan kita selesai.

 

Laptop atau Tablet ?

Laptop atau Tablet ?


Harga dan Kualitas

Jika anggaran kita terbatas dan kita sudah memiliki PC desktop, tablet menjadi pilihan yang lebih baik. Bahkan tablet dengan harga yang mahal seperti iPad Apple akan memberikan nilai yang lebih baik daripada laptop dalam kisaran harga yang sama.


Mengetik

Jika kita suka mengetik, tidak ada yang akan mengalahkan keyboard berukuran penuh. Jika kita harus melihat tombol untuk mengetik, perbedaan pada keyboard biasa dan pada tablet mungkin tidak sangat terlihat. Perlu diketahui juga bahwa kita bisa mendapatkan keyboard nirkabel untuk tablet.


Membuat Catatan

Jika kita memutuskan apakah akan menggunakan laptop atau notebook untuk mencatat di kelas, dua faktor penentu adalah portabilitas dan fungsi. Sebuah laptop dengan keyboard berukuran penuh itu tidaklah sama dengan tablet. Ukuran netbook kira-kira sama dengan sebuat tablet yang besar, tetapi keyboardnya tidak berukuran penuh. Dengan stylus dan aplikasi mencatat, kita dapat menulis catatan pada tablet dan menyimpannya. Ini mungkin memerlukan sedikit latihan untuk membiasakan diri dengan nuansa stylus pada layar sentuh.

E-Books
Perguruan tinggi dan universitas di seluruh negeri sekarang mulai merambah dunia e-book. Ini adalah berita bagus jika kita memiliki tablet, tapi tidak cukup baik jika kita mengandalkan laptop. Dengan tablet atau e-book reader kita bisa sambil tiduran di kursi, membaca di tempat tidur, atau bahkan di bus. Sedangkan membaca pada laptop tidak cukup nyaman dalam situasi ini. Laptop dapat menjadi terlalu panas ketika kita menaruhnya diatas bantal dan harus menyesuaikan laptop saat dikerumunan dan didalam bus yang bergerak. Namun, ketika kita ingin menyalin bagian yang dikutip dari e-book ke dalam tulisan kita, sementara sambil meneliti informasi biografis tentang penulis dan melihat kota kelahirannya pada peta, disinilah kelebihan laptop diperlukan yaitu multitasking.


Multitasking
Tidak banyak tablet yang mampu benar multitasking pada saat ini. Samsung Galaxy 10.1, dirilis pada tahun 2012, dapat menampilkan dua jendela secara bersamaan. Tablet lainnya, seperti iPad generasi ketiga, misalnya, dapat menyimpan satu aplikasi aktif saat kita beralih ke yang lain. kita dapat copy dan paste dari satu aplikasi ke yang lain, tetapi kita tidak dapat melihat lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan. Terlebih lagi kita bisa semakin frustasi saat kita sedang menulis makalah yang bersumber dari online atau e-book namun tablet kita tidak sanggup untuk multitasking.

 

0 comments :

Post a Comment