Kebudayaan Bangsa Timur

Tuesday, 1 May 2012

Kebudayaan Bangsa Timur


Bangsa Timur

Manusia selama ini telah menghasilkan berbagai kebudayaan. Kebudayaan yang terjadi karena berbagai faktor. Hingga sekarang ada 2 budaya besar yang kita kenal yaitu budaya barat dan budaya timur.


Budaya timur yang kita kenal saat ini telah diwariskan sejak turun temurun. Dimana budaya timur menjunjung kebersamaan, kesopanan, dan tata susila.


Seperti kita lihat di Indonesia yang notabene budaya timur dimana terdapat istilah gotong royong, kerja bakti, berpakaian tertutup/sopan dsb.


Saya telah mengenal semua kebudayaan ini sejak kecil bahkan saya telah melihatnya sendiri. Ketika pagi hari pada hari yang telah ditentukan, seluruh warga berkumpul meramaikan jalan didepan rumahnya sambil membawa alat-alat kebersihan seperti sapu, pengki dan kain lap untuk mengelap keringat, saat matahari mulai naik dan suasana mulai terasa hangat diliputi sinar matahari saat itulah dimulainya kegiatan kerja bakti yang berlangsung hingga sore hari.


Lalu budaya sopan santun kita yang sangat kental apalagi saat bertemu dengan orang yang lebih tua dijalan. Ada juga yang namanya budaya kebersamaan terutama didaerah Jawa yang terkenal dengan istilah "makan nggak makan yang penting ngumpul". Semuanya telah melekat dan menjadi identitas bangsa kita dimata dunia.


Namun seiring globalisasi, budaya timur kita mulai luntur dan berganti dengan masuknya gaya hidup bangsa barat yang bebas dan konsumtif. Dan menjadi masalah besar saat budaya kita tergerus dan generasi muda kita melupakan budaya timur bangsa ini. Saat ini tanpa kita sadari kita kebudayaan kita mulai mengalami krisis dan yang paling menyedihkan adalah saat kebudayaan sendiri tidak mendapat tempat dihati generasi muda negeri ini.


Tapi kita harus optimis melihat segalanya dan melakukan yang terbaik untuk negara ini.

Begitulah niat saya dimasa depan untuk bangsa ini..

Berjayalah negeriku, bangsaku...

I'm proud to be Indonesian :D


0 comments :

Post a Comment